FransPF Blog: Touring ke Bromo

Touring ke Bromo

TOURING KE DIENG
11 Februari 2013 - 13 Februari 2013

Waktu itu hari Senin tanggal 11 Februari 2013, kami yang beranggotakan Frans (Gandrink), Aziz (Gagap), Agung (Plentong), Rosid (Gereh), Rifki (Naruto), Humam, Dici (Tekek), Budi (Bujel), Joko (Jekek) brangkat dari kos Cemani pada pukul 09.45 WIB menuju tujuan utama yaitu Gunung Bromo, Malang. Rencananya brangkat pukul 08.00, tetapi gagal karena pagi itu turun hujan di Solo dan sekitarnya, kami pun sepakat menunggu sambil berharap hujan cepat reda. Pukul 09.15, hujan mulai reda satu per satu pun berdatangan ke Kos (Tempat berkumpul sekaligus start touring ke Gunung Bromo). Setelah semua berkumpul, jam 09.45 kita memutuskan untuk brangkat, tak lupa sebelum brangkat kita melakukan doa supaya diberi keselamatan.

Sampai kota Ngawi ada sedikit gangguan, ban motornya frans bocor. Karena memang perjalanan kita santai, jadi ditunggu saja sambil tukang tambalnya selesai. Eh kiranya ditambal bisa ternyata ban dalam nya minta ganti, parahnya lagi didaerah situ sulit cari ban dalam vixion ukuran 300. Setelah beberapa bengkel didatangi, akhirnya kita menemukan ban dalam yang cocok dengan harga yang sangat murah, selisih Rp 10.000 dengan harga di kota Solo waktu itu, lumayan bisa tambah uang bensin.

Setelah selesai menambal pukul 12.45, kita lanjut perjalan. Pukul 13.15 kita berhenti untuk melakukan shalat duhur sambil bersantai sejenak.

Pukul 13.40 kita lanjut perjalan. Setengah menikmati perjalan perut terasa lapar, kami berhenti untuk makan siang padahal waktu sudah menunjukkan pukul 15.50 hehe. Kita berhenti disalah satu rumah makan dengan pelayanan yang oke dan makanan yang lumayan enak membuat kita semakin nyaman. Tapi ketika kami minta bil (Nota), pemilik rumah makan tidak memberikan bil yang kami minta melainkan langung menyebutkan total yang harus kami bayar, padahal belum menghitung apa saja yang kita makan waktu itu. Tak disangka harganya wuuuuss, diluar dugaan kami semua yang waktu itu ingin berhemat tapi justru harus menguras kantong kami hehe (tapi justru ini yang berkesan). Foto sehabis makan, ada yang seneng karna perut sudah terisi disisi laen ada yang "Senep" kantong sedikit terkuras :) Nevermain ....

Lanjut perjalanan, walaupun sempat hujan tapi tak menyurutkan langkah kita hehe. Ga terasa pukul 18.58 kita sudah sampai Mojokerto. Kita berhenti, untuk melaksanakan shalat sambil istirahat sejenak.

Lanjut perjalanan, sekitar pukul 21.00 kita sampai di alun-alun kota Malang. Seneng capek rasanya waktu itu, tentunya perut terasa sangat lapar. Kami pun makan disamping alun-alun kota Malang. Yang bikin terkesan adalah rasa teh dan jeruk disini berbeda dengan di Solo, serasa punya khas tersendiri. Lanjut berkeliling kota Malang pada malam hari, kami kembali berhenti di depan masjid deket alun-alun (Lupa namanya), bersantai sejenak sambil menikmati segelas kopi hangat :). Sedikit ada perselisihan sih waktu itu, ketika ada sebagian teman mau nginep di hotel sebagian lagi mau "bonek" aja tidur di sembarangan (Namanya anak muda). Setelah mencari penginapan dengan harga terjangkau waktu itu tidak kunjung ketemu, yaudah kita sepakat untuk "mbonek". Yang penting dibikin seneng aja :D. Akhirnya kita sepakat mencari pom bensin terdekat untuk istirahat.

Pukul 04.30 kita bangun , shalat subuh, kembali melanjutkan perjalan. Satu setengah jam perjalanan, ban motornya Budi bocor. Kita tunggu sejenak ditempat berbeda karena waktu itu jarak cukup lumayan jauh, akhirnya kita sepakat untuk menunggu di lokasi. Setelah selesai kami melanjutkan perjalanan. Pukul 07.30 kita berhenti untuk sarapan pagi, sambil foto-foto sejenak.

Lanjut perjalanan. Pukul 09.15 Akhirnya sampai juga di tujuan utama "Wisata Gunung Bromo". Istirahat sejenak, sambil foto-foto. Tak lama kemudian kami ditawari jasa tour guide oleh warga sekitar. Niat awal kita adalah menginap malam itu, jadi bisa wisata tanpa terhalang waktu. Setelah nego-nego akhirnya kita sepakat dengan harga 400 ribu untuk tour guide beserta penginapan satu malam. Lagi-lagi terjadi sedikit konflik, sebagian ingin menginap sebagian lagi ingin langsung melanjutkan perjalanan pulang. Setelah berunding, ok kita putuskan tidak jadi menginap. Kita nego lagi ke tour guide, akhirnya sepakat dengan harga 100 ribu sehari. Tak apalah tak menginap, yang penting semua seneng. :)

Lanjut perjalan, kira-kira 20 an menit akhirnya kita sampai di Gunung Bromo. Cuacanya sangat mendukung apalagi kabut yang tebal menjadikan suana lebih menyenangkan. Yang berkesan disini adalah kami kena semprot petugas pengawas area Gunung Bromo dikarenakan kami parkir motor tidak ditempatnya (Kami kan belum tahu aturanya kalau memang ditempat itu tidak boleh untuk parkir, lagian kami juga disarankan kok oleh tour guide nya hehe ).

Lanjut,, untuk sampai kepuncak gunung bromo kita jalan lumayan jaraknya untuk pemula seperti saya hehe, tapi asyik kok.

Setelah puas menikmati suasana Gunung Bromo, pukul 11.30 WIB kita memutuskan turun untuk melanjutkan perjalanan mengingat hari itu juga kami memutuskan untuk pulang.